Rabu, 21 Maret 2012

AUTOBIOGRAFI


Nama saya Adhi.saya dilahirkan hari Rabu legi (kata orang jawa bilang itu hari nya orang-orang sukses. amin) bertepatan dengan lahir nya Nabi besar dan juga Rasullah Muhammad SAW (12 Rabbiul Awal) atau dalam masehi pukul 06.40 WIB pagi hari di RS ISLAM JAKARTA TIMUR. sehingga nama saya Muhammad Adhi Septian. karena beberapa hal orang tua saya mengganti nama saya menjadi Muhammad Adhi Nugroho :)
Yah itu cerita saya saat dilahirkan, selanjutnya saya dibesarkan dilingkungan yang beragam. Ayah saya adalah anak ke 2 dari 8 bersaudara dan Ibu saya adalah anak pertama dari 5 bersaudara sedangkan saya adalah anak 3 dari 3 bersaudara atau biasa dipanggil ragil ( anak bungsu).
Dimulai dari umur 4,5 tahun saya memasuki dunia yang bisa dibilang dunia pendidikan yaitu Taman Kanak-Kanak. Di TK Islam Al-Istiqomah.
Beranjak besar saya di sekolah orang tau di daerah dekat rumah yang dimana sekolah itu juga adalah sekolah tempat kakak-kakak saya memulai belajar. Saat itu hanya ada 15 siswa dalam satu kelas selanjutnya makin berkurang hingga 12 siswa dalam satu kelas saat saya duduk di kelas dua SD hingga kelas enam SD.
Tahun 2003 saat yang sangat menegangkan. Saat itu saya duduk di kelas enam SD karena saat itu saya sedang sakit dan menjalani pengobatan rutin paru-paru. ketika zaman saya , untuk sebuah kelulusan di tetapkan dengan sistem General test. dan alhamdulillah hasil saya memuaskan. Setelah kelengkapan kelulusan telah terpenuhi saya mendaftar seleksi penerimaan siswa baru di SMPN 172 Jakarta timur. Menegangkan saat melakukan seleksi karena bersaing dengan siswa-siswa lain nya dari berbagai Sekolah Dasar. Akhir nya hari pengumuman tiba dan saya dinyatakan lulus dengan peringkat 29 dari 248 siswa yang diterima. Sangat senang mendengar hal itu dan orang tua saya senang mendengar hasil yang saya terima.
Tahun ajaran baru telah dimulai. Hari pertama masuk SMP diadakan Masa Orientasi Siswa atau MOS. Saya ada pada daftar gugus 8 yaitu nama untuk kelompok siswa masing-masing. Saya bertemu dengan banyak siswa dari SD lain hal itu membuat saya gugup karena saya terbiasa dengan lingkungan sekolah yang tidak terlalu ramai. Dengan kondisi seperti itu saya lebih banyak diam tetapi lama-kelamaan saya terbiasa dengan lingkungan tersebut dan bisa beradaptasi dengan siswa-siswa lain.
Saat kelas 1 SMP saya dijadwalkan masuk pada siang hari. Hal itu membuat saya tidak nyaman karena saya tidak terbiasa dengan hal itu. tetapi memang itu sudah ketentuan sekolah ya harus diterima. Setelah ujian kenaikan kelas dan saya dinyatakan naik kelas ternyata di kelas 2 masih terjadwal untuk masuk siang. Akhirnya saya sadar akan hal itu.Setelah naik ke kelas tiga ada gairah baru karena dijadwalkan masuk pagi. Semenjak itu saya tidak pernah absen pada kegiatan belajar mengajar.
alhamdulillah 3 tahun saya lewati di SMP yang bisa dibilang bonafit karena sudah SSN dan menjadi RSBI (sekarang). dan melanjutkan nya di SMA 11 Jakarta.
Disana lah awal mulanya saya mulai kebengalan. saya berani merokok (tapi gak banyak), dan sebagai nya (batasan kenakalan remaja) kalo diceritakan sama aja bongkar aib nanti, hehehe.
Kelas 1 saya awali dengan nilai nilai indah yang bertabur angka 8 namun hanya membuat saya berada di peringkat 7 dari 40 siswa dan naik di semester 2 menjadi peringkat 5. naik ke kelas 2 saya mengambil IPA, karena saya berfikir fisika itu lebih real dari pada menghitung uang yang ga jelas (ekonomi) hihihi. Alhamdulillah di sini lah saya mulai dipanggil mengikuti kegiatan sekolah seperti Olimpiade Sains khusus nya kimia, untuk mewakili sekolah beserta 2 teman lainnya. namun kami kalah di babak awal (ketauab bodohnya). saat ada pergantian OSIS di SMA, saya mengundurkan diri dari pencalonan meski guru-guru merekomendasikan saya untuk menjadi anggota OSIS terutama menjadi Badan Pengurus Kelas. dan akhirnya saya hanya menjadi siswa yang biasa biasa saja.
saat kelas 3 SMA ada kejadian yang menarik, yaitu saya dan teman teman kabur dari jam pelajaran bahasa asing dan ke kantin, suddenly, baang!!. kami tertangkap basah dan akhirnya dihukum hormat bendera dan dilanjutkan jalan jongkok mengitari lapangan sebanyak 10 kali (capek gilaaa).
hukuman belum berhenti disana, kami juga harus menulis kan sebanyak 50 halaman dan dipenuhi dengan "SAYA BERJANJI TIDAK AKAN MENGULANGI NYA LAGI".
Menjelang UAN saya sangat tegang karena standar kelulusan meningkat dan materi UAN pun semakin sulit disamping itu saya tidak mengikuti bimbingan belajar satupun hanya mengandalkan penyampaian materi disekolah. Setealh dilakukan beberapa try out di sekolah dan mendapatkan hasil yang memuaskan saya percaya diri untuk menghadapi UAN.
UAN telah tiba saya sangat gugup dan teman-teman lainnya juga merasakan gugup yang sama. Hari pertama UAN, mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak begitu sulit karena mata pelajaran ini terbilang mudah. Hari kedua UAN, mata pelajaran Bahasa Inggris sama halnya dengan Bahasa Indonesia mata pelajaran ini pun tidak sulit. Dan Hari terakhir mata pelajaran Matematika dan ini adalah hari yang tersulit karen kemampuan saya belum terlalu matang dan saya makin gugup menghadapinya.
Setelah UAN berakhir sangat lega sekali karena beban sudah teratasi tetapi menunggu hasil lulus apa tidaknya sangat tegang. Akhirnya hari pengumuman tiba dan saya dinyatakan lulus dengan hasil yang alhamdulillah baik. Saya mendapatkan NEM 40,8 dengan rata-rata hanya 6. itu dikarenakan sakit liver melanda disaat ujian sedang berlangsung, mau tak mau saya harus absen walau kenyataannya saya telah menerima kabar bahwa saya lulus (importan moment)
Saya hanya mengambil ujian SNMPTN dan mengambil tiga pilihan universitas yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk perbankan syariah dan UNJ untuk Matematika. dan mengambil lagi di SIMAK UI dengan jurusan Fisika dan Matematika, serta ikut sekolah kedinasan yaiut STIS
Setelah mendaftar SNMPTN saya juga mendaftar di sekolah kedinasan tapi gagal. Akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar di Universitas Gunadarma Bekasi. Saya mendaftar untuk 2 juruan yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Saat hasil tes keluar saya mendapatkan hasil grade 1 dan mengambil jurusan Sistem Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
layout made by Hania Alifa Adzhani - Beetwen Leisure and Jobless