Senin, 14 Februari 2011

BAB 1

7
UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL
dalam setiap negara pasti memiliki kebudayaan masing-masing yang bisa dikatakan sebagai ciri mendasar suatu negara tersebut sehingga bisa selalu di ingat oleh negara manapun
setiap daerah memiliki karateristik tiap tiap kebuadayaannya

Dalam Kamu
s Besar Bahasa Indonesia, salah satu makna fungsi adalah kegunaan suatu hal. Jadi, fungsi bisa diartikan sebagai hubungan kegunaan sesuatu hal dengan sesuatu tujuan tertentu.

Unsur Kebudayaan Universal
Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn yang sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya.
Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebutcultural universals, yaitu sebagai berikut.
1. Sistem kepercayaan (sistem religi)
sistem religi merupakan suatu yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap insan masyarakat. karna dari sini lah kebudayaan muncul.dengan sistem religi mampu mempersatukan segala aspek masyarakat.

2. Sistem pengetahuan
pengetahuan adalah dasar seseorang atau kelompok menciptakan ide ide dalam pembentukan suatu kebudayan, dengan ilmu kebudayaan kebudayaan pun bisa di aplikasikan kedalam setiap pola kehidupan masyarakat


3. Peralatan dan perlengka
pan hidup manusia
kebudayaan bukan hanya ide dan kebiasan, namun sesuatu yang ada d sekitar kehidupan manusia bisa di jadikan kebudayaan, dengan mengidentikan seseorang dengan apa yang biasa di gunakan bisa d bilang suatu kebudayaan dari diri orang tersebut

4. Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
manusia pada umum nya menciptakan kebudayaan atas kesenjangan sosial nya. seperti menggunakan bahan bahan sedehana dari alam yabng mudah didapat ketimbang harus membeli peralatan mahal yang sejati nya bukan kebudayaan yang kita miliki

5. Sistem kemasyarakatan
masyarakat hegemoni tak luput dari keterbatasan dan kebutuhan antar masyarakat lainnya yang menjadikan masyarakat sebagai makhluk sosial. dengan mebiasakan saling mengerjakan kepentingan bersama maka muncul lah suatu kebersamaan dan kepercayaan antar masyarakat itu sendiri yang biasa di kenal GOTONG ROYONG

6. Bahasa
bahasa merupakan alat penghubung komunikasi yang paling penting. dalam penciptaan suatu kebudayaan tak jarang tiap bahasa selalu di campur adukan agar menyerap masyarakat yang pada umum nya kesulitan komunikasi dalam bahasa tertentu

7. Kesenian



Urutan unsur-unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat didasarkan pada mudah atau susahnya suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan. Artinya, unsur kebudayaan yang ada pada nomor urut pertama dianggap sebagai unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur kebudayaan yang paling mudah berubah.

Fungsi Unsur-Unsur Kebudayaan Universal

Pembahasan tentang fungsi unsur kebudayaan mulai muncul setelah Malinowski memunculkan tulisan-tulisan yang beraliran fungsionalisme. Aliran ini memandang bahwa segala sesuatu akan tetap ada jika masih memiliki fungsi, termasuk unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat.Berbagai unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat memiliki fungsi untuk memuaskan suatu rangkaian hasrat atau naluri akan kebutuhan hidup manusia yang disebut basic human needs. Misalnya, unsur kebudayaan sistem religi atau agama.

Unsur ini sangat dibutuhkan oleh manusia terutama untuk menjawab ketidakberdayaan manusia dalam mengahadapi berbagai masalahkehidupan yang sulit diterima akal. Agama juga berfungsi untuk mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan Penciptanya.Sistem pengetahuan berfungsi untuk menjawab kebutuhan manusia akan rasa ingin tahu. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.

Unsur lainnya, yaitu peralatan dan perlengkapan hidup manusia yang selanjutnya bisa disebut sebagai teknologi, juga mempunyai fungsi yang sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan teknologi, manusia semakin mudah memenuhi segala kebutuhan.Dalam kehidupan, manusia juga memerlukan mata pencaharian atau sistem ekonomi. Dengan mata pencaharian atau sistem ekonomi, manusia dapat memenuhi kebutuhan produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Sistem kemasyarakatan atau sistem sosial juga diperlukan oleh manusia. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkelompok, maka mereka membentuk keluarga dan kelompok sosial lainnya yang lebih besar.
Adapun unsur bahasa dan unsur kesenian juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisan, maupun bahasa isyarat, manusia akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Dengan kesenian manusia mampu memenuhi kebutuhan rekreasi atau mampu mengapresiasikan perasaan seninya.


Study Kasus:
Kabudayaan dan manusia memang begitu dekat karna setiap manusia pasti memiliki berbagai macam budaya atau etika dari diri masing-masing dan setiap warga negara juga mempunyai kebudayaan masing-masing dari setiap daerah di negri ini. serta setiap orang memiliki sesuatu pekerjaan, Kepercayaan, Pengetahuan, perlengkapan untuk hidup, sistem kemasyarakatan, Bahasa , dan kesenian masing-masing.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
layout made by Hania Alifa Adzhani - Beetwen Leisure and Jobless