Rabu, 23 Februari 2011

BAB 2 Manusia dan Cinta kasih


kelompok 5
Nama : Muhammad Adhi Nugroho
Kelas : 1KA 33
NPM : 14110621
Materi : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Ninuk Sekarsari

PENGEMBANGAN BELAS KASIH

belas kasih merupakan rasa kita kepada seseorang yang kita sadari dengan ada tidaknya dia di dekat kita kita selalu ingin selalu membantu di saat dia kesulitan.
cinta pula lah yang membuat hidup seseorang lebih bermakna, karna ada suatu rasa bangga apabila ada timbal balik yang begitu indah.Cinta juga berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan kepada yang saling mencintai.
Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan CINTA yakni:
  1. Perasaan
  2. Pengenalan
  3. Tanggung jawab
  4. Perhatian
  5. Saling menghormati
dengan kelima hal tersebut, maka sudah bisa di pastikan Cinta tidak datang dengan sendiri nya karena cinta itu juga melibatkan banyak aspek yang bisa membuat orang bisa mencintai seseorang, sehingga pepatah jawa mengatakan witing tresno jalaran soko kulino yang artinya cinta datang karena kebiasan.

STUDY KASUS
Jakarta -Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan perayaan Valentine bagi pemeluk agama Islam.

"Kalau dilaksanakan oleh orang Islam dalam pengertian Valentine itu ritual dari agama tertentu, itu haram hukumnya," kata Ketua MUI, Amidhan, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jum'at (11/2).

Amidhan mengatakan, semangat saling menghormati dan silaturahmi dari perayaan yang jatuh setiap tanggal 14 Februari itu sebenarnya bagus untuk dicontoh. Namun demikian, jika ingin sekadar berkumpul berbagi kasih dan saling menghadiahi kepada anggota keluarga atau orang terdekat, umat Islam tidak harus terbebani menunggu pada hari Valentine.

Ia menganjurkan kepada para pemeluk agama Islam, khususnya para pemuda-pemudi, untuk selalu mawas diri. Terutama mendekati perayaan hari Valentine yang tinggal tiga hari lagi, Amidhan mengingatkan jangan sampai mereka terjerumus melakukan hal-hal negatif, seperti minum alkohol dan hal-hal yang lebih buruk dari itu.
"Jangan pula melakukan perbuatan yang melanggar etika agama dan negara," kata Amidhan.
(Tempo Interaktif)

OPINI
menurut saya kalo itu biasa saja, karena cinta itu boleh di luapkan kedalam apapun, namun bukan berarti harus menyerahkan kehormatan demi cinta maupun hanya dengan tanggal 14 Februari kita bisa meluapkan , karena cinta itu bisa di ungkapkan kapan pun dan dimana pun kita inginkan.
cinta yang seperti mabuk, dan minum khamer lah yang mereka protes, serta penyerahan kehormatan tanpa ikatan itu pula yang sering membuat geram.
ingat boy & girl !!
kita hidup cuma sementara, jadi harus bisa merasakan cinta namun bukan cinta karna sex, tapi karna hati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
layout made by Hania Alifa Adzhani - Beetwen Leisure and Jobless