Sabtu, 20 November 2010

Tugas Soft Skill Bahasan II - Ilmu Sosial Dasar

NAMA : MUHAMMAD ADHI NUGROHO
kelas : 1KA33
NPM : 14110621



1. Jelaskan yang dimaksud dengan :


a.
Individu individu berasal dari kata latin individum berarti yang tak terbagi. Individu merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil & terbatas. Individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa, yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan.


b.
Keluarga
keluarga diartikan sebagai suatu satuan sosisal terkecil yang dimilki manusia sebagai makhluk sosial, yang di tandai dengan kerjasama ekonomi.



c.
Masyarakat
masyrakat dalam bahasa inggris di sebut
society, asal kata socius yang berarti kawan. Adapun kata masyarakat berasal dari bahasa arab,yaitu syirk artinya bergaul. Para ahli seperti Maclver.J.L.Gillin,dan J.P.Gillin sepakat bahwa adanya saling bergaul dan interaksi karena mempunyai nilai-nilai, norma-norma, cara-cara, dan prosedur yang merupakan kebutuhan bersama sehingga masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan terikat oleh suatu rasa indentitas bersama. d. Penduduk penduduk adalah orang yang bertempat tinggal disuatu tempat dan menetap untuk waktu yang lama.


2. Sebutkan dan jelaskan sudut pandang tentang teori kependudukan
?

a.
Sudut pandang dari segi sosial Menyatakan bahwa kemelaratan disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan pangan.


b.
Sudut pandang dari segi naturalistik menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk ditentukan oleh bahan makanan adapun teori-teori nya antara lain :

Teori Pearl : Menyatakan bahwa manusia itu tumbuh berdasarkan kurva norma dari sedikit bertambah menjadi maksimum, kemudian akhirnya berkurang lagi.

Teori Gini : Menyatakan bahwa penduduk berkembang cepat pada tingkat muda (pertumbuhan).

Teori Sosial : Menyatakan tentang teori kapilaritas sosial

Teori Transisi Demografi : Menyatakan bahwa perubahan penduduk terjadi akibat kondisi sosial ekonomi penduduk bersangkutan.

3. Sebutkan fungsi keluarga menurut William J.Goode?

Fungsi keluarga menurut William J.Goode meliputi pengaturan seksual, reproduksi, sosialisasi, pemeliharaan, penempatan anak dalam masyarakat, pemuas kebutuhan perorangan, dan kontrol sosial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
layout made by Hania Alifa Adzhani - Beetwen Leisure and Jobless